Revolusi PPSMB FH 2015

Wajah Baru PPSMB

Hal yang baru dari PPSMB FH tahun ini adalah tidak ada seksi kedisiplinan (sekdis). Sebagai gantinya, ada seksi auditor yang pada dasarnya bertugas  untuk  mengawasi dan memeriksa tugas mahasiswa baru (maba). Tugas yang sudah dikerjakan maba benar-benar diperiksa oleh auditor, bahkan ada nilainya tersendiri sebagai dasar kelulusan maba dalam mengikuti PPSMB. Selain mengoreksi tugas maba, auditor juga diberi kewenangan untuk memberikan penilaian terhadap sikap dan tingkah laku maba selama mengikuti PPSMB.

Kelulusan PPSMB tidak hanya dilihat dari presensinya saja. Menurut Muhammad Fatahilah Akbar, S.H., LL.M (Akbar), maba yang tidak lulus PPSMB wajib mengulang PPSMB hari kelima dan enam yang semuanya itu PPSMB di tingkat universitas. “Ini yang akan menjadi usulan untuk pihak rektorat, agar maba yang tidak lulus PPSMB juga mengulang PPSMB di tingkat fakultas juga,” tambah Akbar. Menurut SK Rektor Nomor 690/P/SK/HT/2015 tentang Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru UGM Tahun 2015 menyatakan bahwa peserta yang tidak lulus wajib mengikuti kegiatan dharma bakti kampus.

(Foto: Caesario Ricardo/Mhk)

(Foto: Caesario Ricardo/Mhk)

 

Pentingnya Organisasi

“Organisasi itu pasti melahirkan jiwa pemimpin,” terang Akbar. Dosen muda ini berharap maba bisa menjadi plus one student. Lebih lanjut, Akbar mengungkapkan PPSMB ini sejatinya bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang tidak hanya baik secara akademik tetapi juga aktif dan berprestasi. Untuk itu, semua  pembicara dan dosen yang terlibat adalah mereka yang ketika masa kuliahnya pernah bergabung dalam organisasi. Bagi Akbar, banyak sekali manfaat oganisasi, seperti: meningkatkan leadership skill dan management skill, pengetahuan dan networking luas, dapat bekerja di bawah tekanan, menyelesaikan tugas sesuai deadline dan tanggung jawab.

Perbincangan Awak Mahkamah dengan Akbar ditutup dengan ucapan selamat datang dari Akbar selaku ketua panitia PPSMB Revolusi: ”Selamat datang untuk  teman-teman maba 2015, selamat bergabung menjadi keluarga besar  FH UGM. Semoga teman-teman dapat menemukan jalan hidup terbaiknya saat menjadi mahasiswa di sini. Sukses dalam berbagai hal. Bisa menjadi seseorang yang luar biasa setelah lulus dari FH.” Viva Justicia!

(Hanifah Febriani, Fardi Prabowo Jati)

Related posts

*

*

Top
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com