LPM Natas: Jurnalis Muda Menemukan Cinta

(Foto: Fardi Prabowo Jati/MHK)

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Natas Universitas Sanata Dharma (USD) menggelar pelatihan jurnalistik pada hari Sabtu (12/9). Pelatihan jurnalistik tahun ini mengambil tema “Jurnalis Muda Menemukan Cinta”. Kegiatan ini diadakan di lantai 4, Ruang Koendjono, Gedung Pusat BAA Kampus II USD di Mrican, Tromol, Yogyakarta. LPM Natas menghadirkan dua orang pembicara, yaitu Anang Zakaria—koordinator sekolah jurnalistik Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Yogyakarta yang sekaligus menjadi koresponden Tempo—dan Agung Sedayu, staf redaksi investigasi majalah Tempo Jakarta.

Acara pelatihan jurnalistik ini dimulai pukul 9 pagi. Dalam sambutannya, Sabina Thipani selaku Pembina LPM Natas menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan reportase dan kualitas produk jurnalistik, khususnya in depth reporting. Kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan kali pertamanya digelar untuk umum dan mahasiswa. Sebelumnya, LPM Natas hanya menggelar pelatihan jurnalistik untuk internal kampus saja. “Kegiatan ini juga didukung oleh Dies Natalis ke-60 Universitas Sanata Dharma,” imbuh Rosa Vania Setowati, Ketua LPM Natas.

Acara ini dibagi menjadi tiga sesi. Rosa Vania tampil sebagai moderator di tiap sesinya. Sesi pertama diisi oleh Anang Zakaria yang menyampaikan teknik reportase in depth reporting. Agung Sedayu menyampaikan teknik penulisan in depth reporting di sesi kedua. Kemudian, sesi terakhir diisi bersama oleh kedua pembicara. Anang dan Agung banyak bercerita mengenai pengalaman mereka di dunia jurnalistik.

Rangkaian acara ini juga dimeriahkan oleh grup musik “The Agony” sebagai bintang tamu. Di penghujung acara, panita menyerahkan kenang-kenangan kepada pembicara. Menutup acara pada pukul empat sore, para peserta, segenap panitia, dan para pembicara berfoto bersama.

(Fardi Prabowo Jati/MHK)

*

*

Top
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com