Training of Trainers Sebagai Modal Dasar Penggerak PKM Corner

ToT

 

Kegiatan Training of Trainers (ToT) telah resmi selesai pada Minggu (05/02). ToT merupakan acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (Dirmawa UGM). Acara ini berlangsung selama dua hari, yakni 4-5 Februari 2017 bertempat di kawasan hutan pendidikan Wanagama di Kabupaten Gunungkidul.

Pelatihan tersebut diselenggarakan sebagai salah satu upaya menghidupkan kembali semangat mahasiswa dalam keikutsertaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Hal ini mengingat sudah dua tahun UGM gagal merebut juara umum pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Pada PIMNAS ke-28 & 29 UGM hanya dapat meraih juara kedua.

Peserta ToT meliputi perwakilan lima mahasiswa dari tiap-tiap fakultas serta pihak PKM Center sebagai panitia. Hari pertama, pelatihan diisi dengan materi pengenalan PKM oleh Direktur Kemahasiswaan Dr. Drs. Senawi, M.P dan Dr. Med. Indwiani.

Dosen-dosen pembina PKM lainnya juga turut menjadi pembicara dalam acara tersebut, antara lain: Prof. Ir. Jamasri, Ph.D., Prof. Dr. Edy Meiyanto, M.Si., Apt., Hayatul Cholsy, S.S., M.Hum., Dr. Hempri Suyatna, M.Si., Dr. Eng. Herianto, S.T., M.Eng., dan Drs. Haryanto, M.Si untuk menjelaskan satu per satu bidang PKM. Mereka juga memberikan tips-tips membuat proposal PKM yang bagus, baik dari segi administrasi maupun konten.

Sore harinya, para peserta diajak berkelompok untuk mendiskusikan isu mengenai PKM di fakultas masing-masing. Isu tersebut meliputi kondisi atau masalah terkait PKM, baik dari antusiasme mahasiswa, peran dosen, dan birokrasi yang melibatkan pihak dekanat. Para peserta juga diminta untuk mendiskusikan perlu atau tidaknya dibuat PKM Corner di fakultas mereka.

Di penghujung sesi hari pertama, para peserta mempresentasikan hasil diskusi mereka. Mayoritas fakultas mengalami masalah yang sama, yaitu tentang sulitnya birokrasi terkait meminta tanda tangan pihak dekanat. Namun, ada beberapa fakultas yang mengalami kondisi lebih baik, yaitu Fakultas Psikologi dan Fakultas Filsafat.

Adapun masalah lain yaitu mengenai kurangnya peminat PKM seperti yang terjadi di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) serta Fakultas Hukum (FH). Mahasiswa dari kedua fakultas tersebut lebih tertarik mengikuti lomba yang diadakan guna mengasah kemampuan keilmuan mereka.

Terlepas dari segala masalah yang ada, kesembilanbelas fakultas di UGM kompak untuk memulai inisiasi PKM Corner. Konsep dari cabang PKM Center tersebut akan disesuaikan dengan kondisi di fakultas masing-masing.

 Hari berikutnya, Ahmad Agus Setiawan, S.T., MSc., Ph.D selaku Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM mengisi materi tentang organisasi dan tata kelola PKM UGM. Pria yang akrab disapa Aas ini mengatakan, “PKM itu bukan sekadar PIMNAS.” Menurutnya, PKM merupakan wadah kreativitas dan inovasi mahasiswa UGM. Ia juga berharap bahwa peserta ToT akan menjadi penggerak PKM di fakultas masing-masing.

Teks: Tata Wardhani | Foto: Fitri Isni Ridha

*

*

Top
Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com