web analytics
Gelaran Festival Ajisaka UGM 2024: Membangun Kesadaran Lingkungan Lewat Kreativitas

Gelaran Festival Ajisaka UGM 2024: Membangun Kesadaran Lingkungan Lewat Kreativitas

Siaran Pers
Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada kembali menyelenggarakan kompetisi tahunan Festival Ajisaka UGM 2024 sekaligus sebagai momentum satu dekade penyelenggaran event ini. Festival Ajisaka UGM 2024 digelar dengan serangkaian acara, diawali dengan talkshow pra-acara bernama Janamejaya, kompetisi untuk enam mata lomba, pelaksanaan roadshow ke berbagai kampus di Indonesia, pameran karya, dan diakhiri oleh puncak acara Candradimuka. Melalui tema bertajuk Samarthya Bhumi: Bumi dan kekuatannya, Festival Ajisaka UGM tahun ini merupakan bentuk manifestasi kepedulian untuk bumi dan kehidupan makhluk hidup di dalamnya, khususnya flora dan fauna yang bernasib kian memprihatinkan. Tak hanya itu, tagline “Setiap Hidup Berharga, Setiap Aksi Bermakna” juga turut digaungkan sebagai komitmen kepedulian atas setiap makhluk hidup dan setiap laku
manusia yang membawa makna tersendiri dibaliknya.

Keseluruhan rangkaian kegiatan Festival Ajisaka UGM 2024 diselenggarakan mulai tanggal 1 Desember 2023 untuk talkshow pra-acara Janamejaya, kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran dan pengumpulan karya kompetisi sejak 1 Januari hingga 7 Februari 2024. Terdapat enam kategori mata lomba, antara lain Sadewa (periklanan), Prahasta (kehumasan), Kresna (perfilman), Nakula (penelitian), Arjuna (jurnalistik), dan Dewi Sinta (kewirausahaan). Secara keseluruhan, Festival Ajisaka UGM 2024 berhasil melibatkan 151 tim dari 38 perguruan tinggi dengan total sebanyak 150+ karya yang diterima. Para juri Festival Ajisaka UGM 2024 telah memberikan pengamatan dan penilaian secara objektif dengan kriteria-kriteria tertentu sesuai kualitas dan orisinalitas karya.

Acara ditutup dengan puncak Candradimuka yang diadakan selama tiga hari, mulai tanggal 23 – 24 Maret 2024. Candradimuka Hari Pertama pada 23 Maret 2024 diselenggarakan di Gedung Fisipol UGM dengan acara berupa bedah karya finalis dari setiap mata lomba. Dilanjutkan dengan Candradimuka Hari Kedua tanggal 24 Maret 2023 sebagai malam puncak  untuk pelaksanaan Awarding Night sekaligus penutupan bagi Festival Ajisaka UGM 2024. Tim dari berbagai universitas turut mewarnai panggung kejuaraan pada kompetisi Festival Ajisaka 2024, antara lain berasal dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, dan Universitas Pelita Harapan. Malam puncak dimeriahkan pula oleh Gadjah Mada Chamber Orchestra dan Naura Dominique.

Penyelenggaraan Festival Ajisaka UGM 2024 didukung oleh sejumlah sponsor yakni PT AVO Innovation Technology (Avoskin), PT Astra Honda Motor, PT Samudera Indonesia Tbk, Explora Digital Print, Pupuk Indonesia, dan Implora Cosmetics. Demikian juga para mitra media yang mendukung keseluruhan publikasi Festival Ajisaka UGM tahun ini, seperti KOMAKO UGM, DIKOM UGM, Dema Fisipol UGM, FISIPOL UGM, Radio Q Jogja 88.3 FM, Libertas Fraternity, KOMAKOM UMY, HMP ILKOM UNESA, Do Teens, SKM UGM Bulaksumur, Lomba UGM, Jogja Family 100.2 FM, HMPS KOM UAJY, HMP ILKOM UIN Sunan Ampel Surabaya, Istakalisa Yogya 96.2 FM, Ikom Radio 107.7 FM, Info Lomba Indonesia, Info Event, Info Lomba, BPPM Mahkamah Fakultas Hukum UGM, Magang Update, Info Festival Film Id, Info Event Jogja, Event Jogjakartans, serta Info Kota Yogya.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi:
Aldrin Akbar Darmawan
Kepala Bidang Public Affairs
WhatsApp: (+62)813 – 8113 – 7146

Leave a Reply

Your email address will not be published.