web analytics
Euforia Gelanggang Expo 2022 dalam Balutan Konsep Pasar Rakyat dan Jelajah Bentala Nusantara

Euforia Gelanggang Expo 2022 dalam Balutan Konsep Pasar Rakyat dan Jelajah Bentala Nusantara

Barisan mahasiswa mengular mengitari gebyar penutupan Gelanggang Expo pada Sabtu (20/8). Gelanggang Expo atau singkatnya disebut Gelex, merupakan sebuah kegiatan rutin tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan komunitas di Universitas Gadjah Mada (UGM), khususnya pada Gadjah Mada Muda (Gamada) yang baru saja menyelesaikan rangkaian Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM. 

Setelah dua tahun dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19, tahun ini Gelex kembali digelar meriah di Lapangan Pancasila, Grha Sabha Pramana UGM. Perhelatan Gelex ini terdiri dari berbagai rangkaian acara yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 18 sampai 20 Agustus 2022. Melalui akun resmi Gelex di platform media sosial Instagram, Gelex tahun ini mengumumkan usungan tema “Sinergi dalam Kreasi.” Tema tersebut diwujudkan dengan kemasan suasana Pasar Rakyat dan Kampung Kebudayaan. 

Penjelajahan Bentala Nusantara bersama Galang dan Gantari sebagai maskot acara, merupakan pengantar Gelex dalam menjalankan tujuan utamanya yakni untuk memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan komunitas-komunitas mahasiswa di UGM. Untuk memeriahkan acara, Gelex melakukan sayembara bagi seluruh mahasiswa UGM untuk turut unjuk bakat dan menampilkan talentanya di panggung Gelex. 

Ketika sampai di lokasi, pengunjung diharuskan mengantri untuk meng-scan kode kunjungan di aplikasi Simaster UGM dan Peduli Lindungi. Antrian pengunjung berujung dengan panitia yang memberikan cap tanda keluar-masuk acara. Setelah itu, pengunjung akan disambut dengan sebuah gapura seperti benar-benar masuk dalam pasar rakyat. Kemudian, pengunjung akan diarahkan menuju stan-stan UKM dan komunitas yang sudah dirias sedemikian rupa. 

Tahun ini, 53 UKM dan 10 komunitas mahasiswa UGM turut memeriahkan dengan penampilan dan penawaran program kegiatan yang menarik. Stan-Stan UKM dan komunitas dibagi menjadi empat sektor Sekretariat Bersama (Sekber) sesuai kriterianya yang terdiri dari Sekber Kerohanian, Sekber Kesenian, Sekber Khusus, dan Sekber Olahraga. Deretan stan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta Komunitas UGM membingkai panggung di sebelah selatan, sementara stan makanan dan minuman memagari dari timur hingga ke utara Lapangan Pancasila. 

Semarak Gelex 2022 dihiasi laguh-lagah rangkaian acara yang dimulai sejak pembukaannya yakni pada tanggal 18 Agustus 2022. Tatkala demikian, rangkaian acara penutupan menjadi perayaan yang paling ditunggu-tunggu. Acara penutupan dimulai tepat pukul 20.00 WIB. Penampilan Gama Band yang berkolaborasi dengan Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta (UKJGS) bertajuk Alunan Akusara mengundang pengunjung turut berdiri seraya menikmati suasana yang mengawali acara penutupan.

Acara dilanjutkan dengan suguhan sapaan pembukaan oleh kedua master of ceremony (MC) dan disambung lantunan lagu Indonesia Raya serta Hymne Gadjah Mada. Carita Kelana Ksatria, sebuah drama kolosal dengan iringan musik-musik cantik disajikan oleh Teater Gadjah Mada. Selanjutnya, panggung diisi dengan simbolisasi penutupan yang diresmikan melalui pemukulan gong oleh Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si., selaku Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Alumni. 

Rundown selebrasi kemudian diteruskan dengan Gelora Bimantara yang merupakan kolaborasi Gama Band dengan UKM Sekber Olahraga yang menampilkan skil dan keterampilan olahraganya dengan balutan menarik. Hiburan musik modern pop-koplo oleh bintang tamu Feel Koplo yang berlangsung setidaknya satu setengah sampai dua jam mengakhiri gilap-gemilap penutupan Gelex 2022 malam itu.

Penulis : Candyna Bepa, Nakia Tahir

Penyunting : Erika

Leave a Reply

Your email address will not be published.